Eksplorasi Eksotisme Pulau Lengkuas di Kepulauan Bangka Belitung

Pulau Lengkuas: Surga Tersembunyi di Kepulauan Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung menyimpan sejuta pesona alam yang menunggu untuk dijelajahi. Salah satu permata tersembunyi yang tak boleh dilewatkan adalah Pulau Lengkuas. Terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, pulau kecil ini memiliki luas kurang dari 1 hektar. Namun, jangan meremehkannya. Pulau Lengkuas menyajikan keindahan pantai yang menakjubkan.

Pulau Lengkuas adalah salah satu tujuan wisata yang sangat menarik di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, dan meskipun ukurannya kecil, dengan kurang dari 1 hektar, pesonanya sebagai pantai tak diragukan lagi.

Pantai di Pulau Lengkuas memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih berwarna biru. Ini membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan dasar laut. Selain itu, di pantai Lengkuas terdapat formasi batu granit raksasa yang menambah pesona alam pulau ini.

Salah satu daya tarik utama di Lengkuas Island adalah mercusuar tua yang telah berdiri sejak tahun 1882. Mercusuar ini dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda dan masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang masuk dan keluar dari Pulau Belitung. Wisatawan dapat naik ke atas mercusuar yang tingginya sekitar 50 meter. Dari puncak mercusuar, Anda dapat menikmati pemandangan luar biasa, termasuk birunya laut yang indah dan batuan granit putih yang mempesona. Anda juga bisa melihat pulau-pulau kecil yang hijau yang terlihat dari kejauhan. Keindahan ini bisa dinikmati dari segala arah, karena mercusuar memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah.

Jika Anda tidak ingin naik ke puncak mercusuar, Anda masih bisa menikmati pemandangan indah dari lantai-lantai mercusuar yang lebih rendah, dengan jendela yang menghadap ke berbagai arah.

Selain menikmati keindahan alam, di Pulau Lengkuas Anda juga bisa bermain di pantai, snorkeling, dan menyelam. Di sekitar pulau, terdapat banyak spot menyelam yang memungkinkan Anda melihat keindahan bawah laut, seperti karang-karang dan ikan-ikan yang indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Lengkuas adalah sekitar bulan Maret hingga November, saat ombak laut relatif tenang, memungkinkan perjalanan dengan perahu, snorkeling, dan berenang di perairan yang sangat jernih.

Lengkuas Island juga terkenal sebagai salah satu spot mancing terbaik di wilayah Kabupaten Belitung. Penggemar mancing dapat menyewa kapal untuk mencapai spot-spot mancing tersebut.

Fasilitas di Pulau Lengkuas cukup lengkap, termasuk kamar mandi, tempat parkir, serta tempat penjualan makanan dan minuman. Anda juga bisa membeli souvenir khas daerah Belitung di sana.

Akses ke Pulau Lengkuas memang sedikit sulit, tetapi ada beberapa rute yang dapat Anda pilih jika Anda datang dari Kabupaten Belitung. Rute pertama adalah melalui desa Tanjung Kelayang, dan rute kedua adalah melalui Tanjung Binga. Dengan segala pesonanya, Pulau Lengkuas adalah destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung.

Pasir Putih dan Air Biru: Pesona Pantai Pulau Lengkuas

Foto di Pulau Lengkuas Belitung
Foto Instagram @lensabelitung

Pulau Lengkuas menghadirkan keajaiban alam yang memikat setiap pengunjungnya. Pantainya yang indah dengan pasir putih dan air laut biru jernih akan menghipnotis Anda seketika. Inilah tempat yang sempurna untuk merasakan keindahan dasar laut Pulau Lengkuas.

Batu Granit Raksasa: Pesona Batuan di Pantai Lengkuas

Tak hanya pasir dan airnya yang memukau, Lengkuas Island juga dikenal karena bongkahan batu granit raksasanya yang menjulang di sepanjang pantai. Batuan granit berwarna putih pucat ini menambah eksotisme pantai Pulau Lengkuas. Mereka memberikan sentuhan artistik alami yang membuat pantai ini begitu menawan.

Foto Instagram @lensabelitung

Mercusuar Bersejarah: Menara Penuntun di Pulau Lengkua

Salah satu daya tarik utama di Pulau Lengkuas adalah mercusuar bersejarah yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Mercusuar ini tetap berfungsi dengan baik hingga saat ini, membantu menuntun kapal-kapal yang melewati perairan Pulau Belitung. Pengunjung diizinkan untuk menaiki mercusuar yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini.

Dari puncak mercusuar, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam sekitar pulau. Itu adalah hadiah indah setelah meniti anak tangga yang curam. Dari sini, Anda bisa menyaksikan harmoni warna biru laut dan kecantikan batuan granit putih pucat. Selain itu, pulau-pulau kecil berwarna hijau yang tampak di kejauhan akan memanjakan mata Anda. Keindahan ini bisa dinikmati dari semua sudut (360 derajat).

Jika Anda tidak ingin naik ke puncak, jangan khawatir. Setiap lantai mercusuar dilengkapi dengan jendela yang menghadap ke berbagai arah, sehingga Anda tetap bisa menikmati atau mengabadikan pemandangan yang menakjubkan dengan kamera Anda.

Tidak perlu khawatir tentang detail perjalanan, akomodasi, dan transportasi. Tim kami yang berpengalaman akan merencanakan semuanya untuk Anda. Dengan paket wisata kami, Anda hanya perlu bersantai dan menikmati perjalanan tanpa beban.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk merasakan keajaiban Pulau Belitung. Pesan paket wisata kami sekarang dan siapkan diri Anda untuk petualangan tak terlupakan di surga tersembunyi ini.

Apa yang menarik minat Anda?

Bagikan Artikel Ini Ke : 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram